Saturday 23 April 2011

Tahukah Anda MSCONFIG dan Bagaimana Menggunakannya

Microsoft Konfigurasi Sistem Utilitas MSCONFIG adalah alat yang tersedia di beberapa versi Windows (98, 98SE, ME, XP) yang sangat membantu untuk mempertahankan dan memecahkan masalah pada startup program Windows. Utilitas ini menyediakan berbagai tugas pemeliharaan, tetapi yang paling penting adalah kemampuan untuk mengendalikan program yang loading ke memori komputer Anda ketika memulai PC Anda.

Mengapa Microsoft konfigurasi sistem utilitas berguna?
Pengguna PC menginstal berbagai jenis perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Perangkat lunak secara otomatis menambah beban ke memori komputer Anda setiap kali anda memulai hidupkan PC. Ini tidak terlihat tetapi tersembunyi di latar belakang/silent. Beberapa program yang diperlukan untuk startup  awal, namun ada juga yang tidak diperlukan. Loading program yang tidak perlu saat startup dapat menyebabkan berbagai masalah seperti :

Mengambil ruang yang tidak perlu dari memori komputer.
Memperlambat proses startup.
Memperlambat kecepatan komputer.
Startup bisa bermasalah karena ada file yang corupt.
Sistem crash.

Cara menggunakan utilitas MSCONFIG untuk pemeliharaan komputer dan mengatasi masalah Windows startup? 
Klik tombol Start dan pilih "Run"
Kemudian ketik msconfig

Perintah ini seharusnya membuka tampilan seperti di bawah ini tergantung pada versi Windows Anda. Saya menggunakan tampilan standart dari Windows XP


Ada beberapa panel (tab) yang tersedia untuk perintah tugas. Tapi yang paling sering digunakan adalah pada (tab) startup.


Bila Anda memilih tab Startup Anda akan melihat berbagai program yang loading ke memori komputer Anda setiap kali saat Anda menghidupkan PC. Daftar program yang dapat bervariasi dari PC ke PC. Namun, beberapa program penting untuk me-load pada saat startup seperti :

Firewall and antivirus programs
Scan registry
Load power profile
System tray
Task monitor


Jadi jangan menonaktifkan program ini distartup.

Anda dapat menonaktifkan program dengan cara unchek. Mohon pastikan bahwa Anda dapat mengenali program sebelum Unchek seperti contoh yang saya lakukan diatas. Sistem akan meminta Anda untuk me-restart PC.Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
Msconfig tidak tersedia pada Windows 95, NT dan 2000





Artikel Terkait:

Share This
Subscribe Here

0 comments:

 

Site Info

free counters

SyakirahNET Copyright © 2009 BeMagazine Blogger Template is Designed by Blogger Template
In Collaboration with fifa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...