Saturday 7 May 2011

23 Cara Untuk Mempercepat ​​Windows XP

Untuk Mempercepat ​​WinXP, tidak cukup hanya dengan Defrag

 Sejak melakukan defrag hardisk tidak terlalu berbuat banyak untuk meningkatkan kinerja Windows XP, berikut adalah 23 saran yang akan  dapat meningkatkan kinerja dan kehandalan PC  Anda !




  1. Untuk mengurangi waktu boot sistem dan meningkatkan performa sistem, lengkapi komputer dengan Ultra-133 atau Serial ATA hard drive dengan cache buffer 8-MB
  2. Jika PC memiliki RAM kurang dari 512 MB,. tambahkan lebih banyak memori. Ini adalah upgrade yang relatif murah dan mudah yang secara dramatis dapat meningkatkan kinerja sistem.
  3. Pastikan bahwa Windows XP menggunakan sistem file NTFS.. Jika Anda tidak yakin, inilah cara untuk memeriksa: Pertama, klik dua kali ikon My Computer, klik kanan di C: Drive, kemudian pilih Properties. Selanjutnya, memeriksa jenis File System, jika FAT32, maka back-up data penting apapun. Selanjutnya, klik Start , klik Run, ketik CMD, kemudian klik OK. Pada prompt, ketik CONVERT C: / FS: NTFS dan tekan tombol Enter. Proses ini dapat berlangsung cukup lama, saya sangat merekomendasikan NTFS untuk keamanan superior, kehandalan, dan efisiensi dengan hardisk yang lebih besar.
  4. Nonaktifkan pengindeksan file. Layanan pengindeks-an ekstrak informasi dari dokumen-dokumen dan file lainnya pada harddisk dan membuat sebuah "mengindeks mencari kata kunci." Seperti yang dapat Anda bayangkan, proses ini bisa sangat berat pada sistem apapun. Begini caranya: Pertama, klik dua kali ikon My Computer. Berikutnya, klik kanan di C: Drive, kemudian pilih Properties. Hapus tanda centang "Allow Indexing Service to index this disk for fast file searching." Selanjutnya, tekan Apply ke "C: subfolder dan file," atau klik OK. Jika pesan peringatan atau error muncul (seperti "Akses ditolak"), klik tombol Abaikan Semua/Iqnore.
  5. Update Driver VGA dan chipset motherboard. Kalau anda yakin update dan mengkonfigurasi ulang BIOS. 
  6. Kosongkan folder Prefetch Windows setiap tiga bulan atau lebih. Windows XP "prefetch" mengisi data dan aplikasi yang sering digunakan. Hal ini membuat proses untuk membuka aplikasi lebih cepat ketika dipanggil oleh user. Tidak apa-apa. Namun seiring waktu, folder prefetch bisa jadi kelebihan muatan dengan referensi ke file yang  tidak lagi digunakan. Dengan demikian Windows XP akan membuang-buang waktu, dan memperlambat kinerja sistem, Tidak ada yang penting dalam folder Prefetch. Letak Folder perfetch di C:\WINDOWS\Prefetch
  7. Sebulan sekali., Jalankan disk cleanup. Begini caranya: Klik dua kali ikon My Computer. Kemudian klik kanan pada drive C: dan pilih Properties. Klik tombol Disk Cleanup berguna untuk menghapus semua file temporer.
  8. Dalam Device Manager Anda., Klik ganda pada perangkat IDE ATA / ATAPI Controller, dan pastikan DMA diaktifkan untuk setiap drive Anda telah tersambung ke controller Primary dan secondary. Lakukan ini dengan mengklik dua kali pada Primary IDE Channel. Kemudian klik tab Advanced Settings. Pastikan Transfer Mode diset ke "DMA jika tersedia" untuk kedua Device 0 dan Device 1. Kemudian ulangi proses ini dengan Secondary IDE Channel.
  9. Periksa pengkabelan anda, pastikan untuk menggunakan kabel 80-wire Ultra-133 pada semua perangkat IDE anda dengan benar mana yang dutugas kan sebagai Master Slave / Motherboard sockets. 
  10. Hapus semua spyware dari komputer. Gunakan program gratisan seperti AdAware by Lavasoft atau SpyBot Search & Destroy. 
  11. Nonaktifkan semua program yang tidak perlu pada starup windows Disini Caranya
  12. Hapus jikanya program yang tidak perlu atau tidak digunakan dari Add / Remove Programs di bagian Control Panel.
  13. Matikan setiap dan semua animasi yang tidak perlu. Bahkan, untuk kinerja yang optimal, matikan semua animasi. Berikut adalah cara melakukannya: Pertama, klik pada icon System di Control Panel. Selanjutnya, klik pada tab Advanced. Pilih tombol Settings yang terletak di bawah Performance. Jangan ragu untuk mencoba dengan pilihan yang ditawarkan di sini.
  14. Jika Anda. pengguna maju dan ingin mengedit registry, cobalah beberapa tweak kinerja registry yang ditawarkan di Tweak XP.
  15. Kunjungi situs update Microsoft Windows secara teratur, dan download semua update yang berlabel Critical. Download juga Optional update itu pun sesuai  kebijaksanaan Anda.
  16. Update  anti-virus secara mingguan, bahkan harian,. Pastikan hanya memiliki satu anti-virus paket yang diinstal.
  17. Pastikan memiliki jenis font yang kurang dari 500 yang diinstal pada komputer. Semakin banyak font yang terinstal, semakin lambat sistem bekerja. Sementara Windows XP menangani font jauh lebih efisien daripada versi Windows sebelumnya.
  18. Jangan partisi harddisk terlalu banyak. Windows XP dengan sistem file NTFS berjalan lebih efisien pada satu partisi yang besar. Data tidak aman pada satu hardisk dengan lebih partisi terpisah. Sebagai contoh, daripada menempatkan semua data Anda pada drive D:. Anda akan mencapai manfaat menyimpan data dengan hardisk terpisah, dan tanpa menurunkan kinerja sistem. Sistem anda  tidak akan dibatasi oleh ukuran partisi, melainkan akan dibatasi oleh ukuran dari ukuran size hardisk keseluruhan. Ini berarti Anda tidak perlu melakukan resize partisi, apabila satu partisi penuh karena tugas tersebut dapat memakan waktu dan juga dapat mengakibatkan hilangnya data.
  19. Periksa sistem RAM untuk memastikan beroperasi dengan benar. Saya sarankan menggunakan program gratis bernama MemTest86. download ini akan membuat CD bootable atau disket (pilihan anda), yang akan melakukan 10 macam tes pada memory PC secara otomatis setelah anda boot ke disk yang Anda buat. Biarkan semua tes berjalan sampai paling tidak tiga lewat dari 10 tes selesai. Jika program mendapati error, matikan dan cabut listrik komputer, cabut RAM memory (dengan asumsi Anda memiliki lebih dari satu), dan menjalankan tes lagi. Ingat, memory yang rusak tidak dapat diperbaiki, tetapi hanya diganti.
  20. Jika PC memiliki CD atau DVD, periksa situs Web produsen drive untuk update firmware. Dalam beberapa kasus, Anda akan dapat meng-upgrade perekam untuk kecepatan yang lebih cepat lagi. 
  21. Nonaktifkan layanan yang tidak perlu. Untuk menentukan layanan windows yang tidak terpakai kunjungi situs Black Viper untuk konfigurasi Windows XP.
  22. Jika terjadi masalah pada Windows Explorer yang membuat OS anda Error atau lambat, ikuti tip ini:. Buka My Computer, klik Tools, lalu Folder Options. Sekarang klik pada tab View. Gulir ke bawah centang  "Launch folder windows in a separate process,," dan aktifkan opsi ini. Anda harus restat komputer anda.
  23. Setidaknya setahun sekali, bersihkan komputer anda dari debu dan kotoran. pastikan  bahwa semua kipas berputar dengan benar. Juga memeriksa kapasitor motherboard yang menggelembung atau bocor. 
Berikut adalah tips dari saya yang pernah saya coba dan semoga bermanfaat.




Artikel Terkait:

Share This
Subscribe Here

0 comments:

 

Site Info

free counters

SyakirahNET Copyright © 2009 BeMagazine Blogger Template is Designed by Blogger Template
In Collaboration with fifa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...